Kegiatan

Published on Februari 24th, 2016 | by PPM Miftahul Khoir

0

Kegiatan Orsan (Orientasi Santri Baru) 2015

Orientasi Santri yang disingkat Orsan merupakan kegiatan wajib tahunan PPM Miftahul Khoir yang wajib diikuti oleh seluruh santri ikhwan dan akhwat, serta santri yang telah tinggal cukup lama di pesantren tetapi belum mengikuti orsan. Kegiatan orsan ini berlangsung selama 7 hari. Kegiatan orsan dilakukan pada tahun ajaran baru, yaitu setelah libur idul fitri. Seluruh santri yang telah mendaftar dan telah dinyatakan diterima sebagai santri setelah melihat beberapa pertimbangan wajib berada di pesantren minimal sehari sebelum dimulainya kegiatan orsan.

Kegiatan orientasi ini berisi tentang pengenalan pesantren. Meliputi pengenalan sejarah awal berdirinya pesantren, pengenalan pengurus yayasan, pengurus pesantren dan pengurus santri, pengenalan dewan asatidz, penekanan tentang segala tata tertib yang berlaku yang wajib dilaksanakan oleh seluruh santri PPM Miftahul Khoir. Selain itu kegiatan orsan tersebut juga melaksanakan beberapa kegiatan ala santri seperti puasa senin kamis, sahur dan buka bersama, barjanzi dan ziarah serta “ngabubur bareng” dan dilanjut bersih-bersih lingkungan asrama dan pesantren. Silaturrahim ke rumah-rumah dewan asatidz pun dilaksanakan dalam kegiatan tersebut dengan tujuan memperkenalkan santri baru kepada dewan asatidz sehingga santri baru pun mengenal dewan asatidz yang akan mengajar ta’lim.

Tujuan dari kegiatan ini adalah:

  1. Memberikan pengenalan dan pemahaman akan tradisi yang dilakukan di PPM Miftahul Khoir dan segala tata tertib yang berlaku
  2. Pengenalan kegiatan-kegiatan (tradisi), lingkungan keluarga pesantren dan materi-materi kepesantrenan.
  3. Persiapan atau pembekalan sebelum kegiatan ta’lim dimulai.

Kegiatan Orsan 2015 dilaksanakan pada:

  • Hari, tanggal  : Senin-Ahad, 3-9 Agustus 2015
  • Waktu              : Pukul 05.00-06.00 dan 18.30-20.30 WIB

Peserta kegiatan Orientasi Santri ( Orsan ) adalah seluruh santri baru 2015 dan santri lama yang belum di orsan pada tahun sebelumnya. Jumlah santri akhwat yang mengikuti orsan berjumlah 19 orang dan santri ikhwan 24 orang. Jadi total seluruh santri yang mengikuti orsan berjumlah 43 orang.

KEGIATAN ORIENTASI SANTRI 2015

Kegiatan Orsan berlangsung selama 7 hari. Pelaksanaaan kegiatan orsan dilakukan pada ba’da shubuh samapai jam 06.00 dan ba’da magrib sampai jam 20.30 WIB. Santri yang telah tinggal di pesantren tetapi belum mengikuti orsan dan calon santri yang telah mendaftar dengan datang ke pesantren, mengisi formulir pendaftaran, wawancara dengan pengurus santri dan Ustadz Pengasuh diberitahukan oleh pengurus tentang agenda pelaksanaan orsan yang wajib diikuti.

Hari pertama dilaksanakan pada hari Senin, 3 Agustus 2015. Kegiatan dimulai ba’da shubuh di Masjid Khoiru Ummah. Kegiatan orsan dibuka oleh MC, selanjutnya pembacaan ayat suci Al-Qur’an, lalu sambutan dan laporan ketua pelaksana mengenai orsan dan pembacaan tata tertib orsan oleh Sie. Tatib Orsan. Acara dilanjut ba’da magrib dengan tema pengenalan pesantren. Kegiatan tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci al-qur’an dan shalawat, lalu sambutan pengasuh dan pengenalan kurikulum pesantren serta penyampaian sejarah PPM Miftahul Khoir dan penutupan.

Hari kedua dilaksanakan pada hari Selasa, 4 Agustus 2015. Kegiatan dilaksanakan ba’da shubuh di masjid dengan materi motivasi yang bertemakan “ Bangga Menjadi Santri” yang disampaikan oleh Fauzi Noerwenda. Acara yang kedua dilaksanakan ba’da shalat magrib dengan diisi oleh penyampaian materi oleh Ustadz Bambang dengan tema “I’tikaf dan Keilmuan”

Hari ketiga dilaksanakan pada hari Rabu, 5 Agustus 2015. Kegiatan dilaksanakan ba’da shubuh di masjid dengan materi “ Pedoman menuntut ilmu di pesantren” yang disampaikan oleh Ustadz Ajil Yumna Al-Qurtuby. Acara berikutnya dilaksanakan ba’da magrib dengan diisi materi “Akhlaq Seorang Santri” yang disampaikan oleh Ustadz Hilman di masjid.

Hari keempat dilaksanakan pada hari Kamis, 6 Agustus 2015. Kegiatan dilaksanakan sebelum shubuh untuk sahur bersama dan dilanjutkan ba’da shubuh yang bertempat di masjd dengan materi “Kepesantrenan” yang membahas tentang penekanan peraturan STKS (Shalat berjamaah, ta’lim, kebersihan dan syahriah) yang berlaku di pesantren. Materi tersebut disampaikan oleh Ustadz Nasirul Haq di masjid. Lalu , dilanjutkan dengan buka bersama . Santri ikhwan melaksanakan buka bersama di teras masjid sedangkan santri akhwat melaksanakan buka bersama di depan kantor yayasan. Setelah itu, dilanjutkan dengan ziarah bagi santri ikhwan ke makam pendiri pesantren. Acara dilanjutkan kembali ba’da isya’ dengan barjanzi. Santri ikhwan bertempat di masjid sedangkan santri putri bertempat di asrama belakang (kamar roudhoh). Acara hari tersebut selesai pada pukul 20.30         WIB.

Hari kelima dilaksanakan pada Jum’at 7 Agustus 2015. Kegiatan tersebut dimulai pada ba’da shubuh. Masing-masing peserta orsan wajib mensetorkan hafalan yang telah ditugaskan ( hafalan mars mimkho, wirid ba’da shalat, doa sebelum dan sesudah ta’lim dan kalimat toyyibah serta tes membaca al-qur’an dengan tajwid). Kegiatan tes hafalan tersebut diakhiri pukul 06.00 dan dilanjut dengan “ngabubur bareng”. Seluruh santri dan peserta orsan jalan kaki menuju tempat bubur. Santri akhwat bertempat di dekat Polman dan santri ikhwan bertempat di yg lain. Setelah itu dilanjutkan dengan “Jumsih ( Jum’at bersih)”. Santri ikhwan membersihkan halaman sekitar pesantren dan masjid yang akan di pakai jum’atan, dan santri akhwat membersihkan asrama dan mencuci mukenah serta sajadah masjid. Acara berikutnya dilanjutkan kembali pada ba’da magrib. Bagi santri ikhwan melanjutkan tes hafalan bagi yang belum di pagi harinya dan santri akhwat ziarah ke makam pendiri dan setelah itu melnjutkan kembali hafalan yang belum di setorkan.

Hari keenam dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 Agustus 2015. Kegiatan tersebut dimulai di pagi hari sekitar pukul 06.00 dengan agenda silaturrahim ke rumah dewan asatidz. Diawali dengan silaturrahim ke keluarga pesantren yang berada dalam lingkungan pesantren. Santri ikhwan dan akhwat melakukan silaturrahim secara bergiliran. Setelah bersilaturrahim ke keluarga sekitar pesantren dilanjutkan dengan silaturrahim ke rumah dewan asatidz yang berada di Cisitu. Kegiatan silaturrahim berakhir sekitar pukul 11.00 WIB. Acara selanjutnya adalah jurit malam. Jurit malam dimulai pada pukul 11.00. pemberangkatan jurit malam diawali oleh santri ikhwan. Dimulai dari pos 1 yang berada di masjid, dilanjutkan ke pos 2 yaitu daerah SMAIT. Setiap peserta yang melewati pos yang berada di SMAIT wajib menandatangani kehadiran di tempat yang telah disediakan dan dilanjutkan dengan jalan ke pemakaman dengan melewati gerbang samping asrama belakang akhwat. Peserta orsan masuk ke dalam pemakaman. Di dalam pemakaman terdapat panitia yang bertugas sebagai tim setan dan tim-tim penjagaan lainnya. Setelah itu setiap peserta orsan di tempatkan di salah satu makam untuk mendoakan makam yang ada di depannya sambil menunggu peserta orsan lainnya. Setelah semuanya berkumpul di pemakaman, acara selanjutnya muhasabah yang di sampaikan oleh Ustadz Deding. Lalu, peserta orsan dipersilahkan meninggalkan pemakaman dengan cara ditutup matanya dan berjalan bersama dengan saling memegang pundak temannya dengan dibimbing oleh panitia. Setelah sampai di gerbang pesantren peserta orsan dipersilahkan untuk istirahat dan persiapan untuk melaksanakan shalat shubuh berjamaah.

Hari ketujuh dilaksanakan pada hari Minggu, 9 Agustus 2015.Kegiatan dimulai pada ba’da isya’ dengan agenda penutupan. Dalam penutupan ini diumumkan peserta orsan yang masuk dalam kategori terbaik dan teladan. Masing-masing 2 orang dari santri ikhwan dan akhwat. Rencananya dilanjutkan oleh kegiatan bola api bagi santri ikhwan, tetapi kegiatan bola api tidak jadi dilaksanakan karena berbagai kendala. Dan karena tidak terkondisikannya peserta orsan akhwat untuk “ngaliwet” maka akhwat melaksanakan kegiatannya masing-masing.

IMG_20150802_195545 IMG_20150802_195555 IMG_20150802_200210_HDR IMG_20150802_214657_HDR IMG_20150802_204647_HDR IMG_20150802_203308_HDR IMG_20150802_201239 IMG_20150802_201118_HDR IMG_20150803_194701_HDR IMG_20150803_194028_HDR IMG_20150803_055029_HDR IMG_20150803_052034_HDR IMG_20150802_214757_HDR


About the Author

PPM Miftahul Khoir adalah pesantren mahasiswa aswaja syafiiyah dengan pembelajaran menggunakan kitab kuning klasik. Lokasi di daerah Dago, Bandung berdeketan dengan kampus ITB, UNPAD DU, UPI, POLMAN, UNIKOM.



Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top ↑