Akhlak ikhlas, husnudzon

Published on Juli 19th, 2013 | by PPM Miftahul Khoir

0

Menjaga Lingkungan sebagian dari Perintah Agama Islam

Menjaga Lingkungan adalah tugas seluruh manusia yang tinggal di bumi Allah SWT. Bumi Allah yang di jadikan hamparan untuk manusia harus senantiasa kita jaga bersama.

Pada dasarnya semua manusia sangat ingin dan cinta kepada kebersihan. Siapa yang tidak mau bahwa lingkungannya bersih dan rapih ??? kita rasa tidak akan ada

Islam juga selalu memperhatikan kesucian. TERBUKTI dalam setiap kitab Fiqih yang selalu di ajarkan pertama kali adalah Bab Thaharoh.

Islam juga punya slogan yang sangat sering kita dengar, yaitu : “KEBERSIHAN SEBAGIAN DARI IMAN“.
Demikianlah keimanan juga di ukur dengan kebersihan. Sungguh mulia Islam bahkan hal sekecil apapun dalam kebersihan sangat di perhatikan.

Allah juga berfirman melalui ayat-Nya :
“ Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. ( Q.S Al Qashash : 77 )

Kerusakan diatas ada dua bagian :
1. Akibat Ma’siat
2. Akibat Ketidak perdulian terhadap lingkungan.

Oleh sebab itu, Santri membiasakan diri unutk menjaga lingkungan. Terutama lingkungan pesantren. Selain ta’lim, belajar bersama, sebagian santri memanfaatkan waktu senggang dari kuliah untuk merawat tanaman di sekitar Pesantren.

Awalnya di halaman Masjid tanahnya biasa – biasa saja, namun dengan adanya program cinta lingkungan santri mulai menanami beberapa pohon hias di halaman Masjid Pesantren dan sekitarnya. Semoga apa yang kita tanam akan menghasilkan di hari kemudian kelak. Teringat akan pribahasa “Siapa yang menanam dia akan menuai”. Semoga dengan program mencintai lingkungan kelak di masa akan dating diri dan keluarga serta seluruh manusia yang terlibat dapat merasakan manfaat dari apa yang kita usahakan. Amiin Ya Rabbal ‘Alamiin.

Demikianlah Shalihin –Shalihat pemaparan kita kali ini, semoga bermanfaat dan semoga kita semua di berikan hidayah untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.
Aamiin.. 🙂

Tags: ,


About the Author

PPM Miftahul Khoir adalah pesantren mahasiswa aswaja syafiiyah dengan pembelajaran menggunakan kitab kuning klasik. Lokasi di daerah Dago, Bandung berdeketan dengan kampus ITB, UNPAD DU, UPI, POLMAN, UNIKOM.



Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top ↑