Tsaqofah ikhlas, husnudzon

Published on November 11th, 2013 | by PPM Miftahul Khoir

Merajut Cinta Bersama Syahid Karbala Imam Husein ra

sekilas narasi tentang syahidnya pemimpin pemuda ahli surga oleh ulama sunni.

Pertempuran Karbala terjadi pada tanggal 10 Muharram, tahun ke-61 H (9 atau 10 Oktober 680 M) di Karbala, yang sekarang terletak di Irak. Pertempuran terjadi antara pendukung dan keluarga dari cucu Muhammad Saw, Husain bin Ali ra dengan pasukan militer yang dikirim oleh Yazid bin Muawiyah, Khalifah Bani Umayyah saat itu.

Pihak Husain terdiri dari anggota-anggota terhormat keluarga dekat Muhammad Saw, sekitar 128 orang. Husain dan beberapa anggota juga diikuti oleh beberapa wanita dan anak-anak dari keluarganya. Di pihak lain, pasukan bersenjata Yazid I yang dipimpin oleh Umar bin Sa’ad berjumlah 4.000-10.000.

Tanggal 10 Muharram biasa kita sebut sebagai hari ‘Asyuro.

Insya ALLAH tanggal 10 Muharram / Hari Asyuro jatuh hari kamis ini (14 November 2013). Banyak kejadian-kejadian penting yang perlu diketahui oleh khalayak muslimin, di antaranya adalah tentang Syahidnya Cucu tercinta Rasulullah SAW yaitu Imam Husein ra. Akan tetapi di dalam mengisahkan kesyahidannya ada sekelompok orang yang menyatakan sebagai pecinta Imam Husein namun berlebihan dalam menyikapinya.

Berikut adalah Mp3 kajian bersama Buya Yahya As-Sunni Asy-Syafi’i Al-‘ASy’ari Ash-Shufi berkenaan dengan Kesyahidan Imam Husein ra.

Kesyahidan Imam Husain

Tentang Ahlul Bait


Tags: ,


About the Author

PPM Miftahul Khoir adalah pesantren mahasiswa aswaja syafiiyah dengan pembelajaran menggunakan kitab kuning klasik. Lokasi di daerah Dago, Bandung berdeketan dengan kampus ITB, UNPAD DU, UPI, POLMAN, UNIKOM.



Back to Top ↑